FOTISMINI: Finneas

Finneas Baid O’Connell atau FINNEAS, penyanyi, penulis lagu, produser dan aktor asal Los Angeles, California. Ia baru saja merilis EP perdana, Blood Harmony pada 4 Oktober 2019. Meski sekarang dikenal sebagai produser dan penyanyi, ia justru mengawali karirnya di jalur akting. Finneas pernah membintangi film Bad Teacher, Life Inside Out, juga seri televisi Modern Family dan Glee.

Finneas juga pernah membentuk band, The Slightlys pada 2012, bersama 3 rekan yang dijumpainya di kompetisi musik lokal. The Slightlys pernah memenangkan kompetisi musik yang diadakan di Club Nokia, Los Angeles. Sempat mengerjakan EP perdana yang diproduseri Eric Palmquist, namun belum kunjung dirilis karena The Slightlys memutuskan rehat.

Meski baru merilis 1 EP di 2019, namun Finneas termasuk aktif merilis single dalam kurun waktu 2015-2019. Bisa dimaklumi karena kesibukannya sebagai produser cukup membuatnya sibuk. Finneas pernah memproduseri The Knocks, Camila Cabello, Selena Gomez, dan tentu saja si adik Billie Eilish.

Sebagai anak “homeschool”, Finneas mengaku lebih mudah mengekspresikan kemampuan musiknya dan bersyukur didukung kedua orangtuanya. Pertama kali belajar menjadi produser di usia 12 tahun dengan aplikasi Logic Pro. Perannya sebagai produser di setiap lagu pada album When We All Fall Asleep, Where Do We Go milik Billie Eilish, berhasil menjadi album nomor satu di Amerika Serikat, UK, Australia dan masih banyak lagi.

Pengerjaan EP dilakukan Finneas di studio di rumahnya, Highland Park, Los Angeles, dan diproduserinya sendiri. Lagu-lagu di EP Blood Harmony, ditulis Finneas di sela-sela jadwal tur Billie. Ia menyebut banyak belajar dari penampilan Billie di atas panggung dan menjadi modalnya lebih bisa percaya diri saat tur solonya nanti.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!