FOTISMINI: Elephant Kind

Elephant Kind adalah band asal Jakarta yang dibentuk pada 2013. Saat ini beranggotakan Bramastro Srihutomo Khaeroni atau Bam Mastro (vokal, gitar), Bayu Adisapoetra (drum) dan Kevin Septanto (bass). Sebelumnya, John Paul Patton dan Dewa Pratama sempat bergabung, namun John memutuskan mundur untuk fokus di Kelompok Penerbang Roket, sedangkan Dewa mundur sejak 2018. 

Karya musik mereka yang sudah dirilis antara lain EP Scenarios: A Short Film by Elephant Kind (2014), EP Promenades: A Short Film by Elephant Kind (2015), City-J (2016) dan The Greatest Ever (2019). Elephant Kind mengakui bahwa musik mereka dipengaruhi oleh musisi seperti Kanye West, Sigur Ros, Bon Iver dan Michael Jackson. 

Terbentuknya Elephant Kind, berawal dari proyek tugas akhir Bam saat studi jurusan musik di Western Australian Academy of Performing Arts. Merasa tidak menemukan band yang sesuai untuk diproduseri, Bam memutuskan mendirikan sendiri Elephant Kind. Saat kembali ke Jakarta, bukannya melanjutkan proyek musiknya, ia justru memproduseri band kakaknya, Neonomora dan dari sinilah ia bertemu dengan para musisi yang menjadi rekan-rekan band-nya.

Album mini Scenarios dan Promenades, menceritakan karakter fiktif bernama Julian Day. Kisah tokoh ini, diangkat menjadi film pendek disutradari Gianni Fajri dan dibintangi Bramastou, Rahajeng Puspitasari, Widika Sidmore dan Pricilla Jamail. Film pendek Julian Day dirilis pada 2016.

Dari berderet penghargaan yang didapat, yang mengherankan adalah Elephant Kind kerap dinominasikan oleh media yang berbeda-beda untuk kategori serupa, yakni sebagai band pendatang baru. Hal ini terjadi setiap tahun dalam rentang 2014-2017.

Setelah melepas album City J, Bam Mastro merilis 2 EP solo sementara Bayu membentuk proyek musik dengan nama SoftAnimal.  Tak lengkap jika hanya berdua saja, maka tahun lalu Elephant Kind mengumumkan Kevin Septanto sebagai personil tetap yang memainkan bass.

Pada 15 Maret 2019, mereka merilis album kedua, The Greatest Ever. Seperti City-J, album kedua ini masih diproduksi bersama Lee Buddle, musisi asal Australia yang pernah bekerja sama dengan Kelly Clarkson dan Justin Bieber. Lee, adalah mentor Bam sewaktu studi di Australia.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!