FOTISMINI: Ed Sheeran

Edward Christopher Sheeran, penyanyi, penulis lagu, gitaris, produser dan aktor asal West Yorkshire, Inggris. Telah merilis 4 album, + (baca: plus) [2011], x (baca: multiply) [2014], ÷ (baca: divide) [2017], dan No. 6 Collaboration Project (2019). Sebelumnya merilis secara indipenden 10 album mini. Ed menjadi artis terlaris, telah menjual lebih dari 150 juta copy di seluruh dunia, tur album ÷, menjadi tur dengan pendapatan tertinggi kedua sepanjang sejarah.

Di usia 14 tahun, Ed pergi ke London memulai karir bermusiknya dari tampil di venue kecil. Penampilannya juga ia unggah di Youtube, kemudian menarik perhatian rapper Example. Ed dihubungi Example untuk ikut turnya pada 2010. Ini membuatnya dikenal luas dan diberitakan publikasi, blog musik, mendapat kontrak label rekaman dan artis terkenal seperti Elton John, Jamie Foxx, Taylor Swift.

Siapa yang menyangka bahwa Ed semasa kecil gagap dalam berbicara. Oleh ayahnya ia kemudian mendengarkan lagu-lagu dari rapper Eminem. Selain Eminem, ia mengagumi Nizlopi The Beatles, Eric Clapton dan Damien Rice. Sepanjang karirnya ia telah memenangkan banyak penghargaan di antaranya 4 Grammy Award, 5 Brit Awards, dan Ivor Novello Award. Kontribusinya terhadap musik dan kegiatan amal membuatnya dianugerahi gelar kehormatan Member of the Order of the British Empire dari Kerajaan Inggris.

Ed pernah merilis secara indipenden EP No. 5 Collaboration Project (2011), 5 lagu kolaborasinya dengan penyanyi rap Inggris, seperti Wiley, Jme, Devlin, Sway dan Ghetts. Ed rupanya ingin mengulang pola yang sama, dibuatlah No. 6 Collaboration Project. Berisikan 15 lagu yang dibawa Ed bersama kolaborator yang namanya sering masuk daftar Top 40. Di antaranya, Travis Scott, Justin Bieber, Cardi B, Eminem, 50 Cent, Chance the Rapper, Camilla Cabello, Young Thug, Khalid, Skrillex, Chris Stapleton, Bruno Mars, Stormzy dan masih banyak lagi.

Album No. 6 Collaboration Project, menjadi album nomor satu di tangga album UK dan Billboard. Juga telah distreaming lebih dari 69 juta kali di Spotify. Tiga singlenya, Beautiful People (feat. Khalid), Take Me Back to London (feat. Stormzy) dan Cross Me (Feat. Chance the Rapper & PnB Rock) masuk Top 5 tangga lagu UK.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!