FOTISMINI: Dua Lipa

Nama Dua Lipa sungguh besar dan populer, apalagi di Inggris. Dua, masuk dalam daftar BBC Sound Of 2016, menjadi artis wanita yang lagunya paling banyak di-streaming di Spotify 2017. Menerima lima nominasi di Brit Awards 2018, terbanyak yang pernah diraih oleh artis solo wanita manapun. Peraih dua Grammy Awards pada 2019, kategori Best New Artist dan Best Dance Recording. Juga tiga Brit Awards pada 2019.

Dua, penyanyi, penulis lagu, model kelahiran London, Inggris dari orang tua yang berasal dari Kosovo. Menjadi penyanyi adalah impiannya, Dua mengunggah musiknya di MySpace, cover lagu di Youtube, menawarkan demo musiknya kepada siapapun. Ia pernah diajak dalam The X Factor musim kesepuluh tahun 2013, bukan sebagai kontestan melainkan sebagai pengisi iklan. Tapi dari sini, ia mulai dikenal banyak orang salah satunya manajer Lana Del Rey.

Album self titled, rilis setelah Dua Lipa merilis lima single, dan terbukti meningkatkan penjualan apalagi dirilis berdekatan dengan single New Rules yang menjadi lagu nomor satu di UK, Belgia, Belanda, dan Irlandia. New Rules menjadi “female empowerment & breakup anthem” yang lagu dan video klipnya menerima pujian dari kritikus. Parodi video klip New Rules bermunculan dan beredar banyak di Youtube.

Pengerjaan album kedua sudah mulai ia kerjakan sejak 2018, meski di tahun tersebut Dua cukup disibukkan dengan kolaborasi bersama artis lain. Seperti bersama Whethan untuk soundtrack Fifty Shades of Grey, single nomor satu, terlaris di 2018 bersama Calvin Harris. Kemudian bersama Mark Ronson juga Diplo dalam Silk City, Andrea Bocelli sampai girlband Korea, Blackpink.

Future Nostalgia, menjadi judul album kedua yang akan dirilis Dua pada 2020. Di album tersebut Dua menyebut Gwen Stefani, Madonna, Moloko, Blondie sampai Outkast sebagai inspirasinya. “Don’t Start Now” sebagai single pertama yang menerima penilaian baik, diantaranya referensi disko dan vokal Dua. Menjadi single ketujuhnya yang masuk di Top 10 UK. Ditulisnya bersama Caroline Ailin, Emilly Warren dan diproduseri Ian Kirkpatrick, tim yang sama dengan pengerjaan single “New Rules”.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!