FOTISMINI: Dua Lipa

Dua Lipa, penyanyi, penulis lagu asal London, Inggris. Ia telah merilis 2 album, Dua Lipa (2017) dan Future Nostalgia (2020). Penghargaan yang didapatnya seperti 2 Grammy Awards, 3 Brit Awards, dan 2 MTV Europe Music Awards. Pernah berkolaborasi dengan musisi populer diantaranya Calvin Harris, Diplo, Mark Ronson, dan Martin Garrix. Oleh layanan streaming Spotify, menobatkan album Dua Lipa sebagai album yang paling banyak distreaming sepanjang 2017.

Awal karir Dua mungkin sama dengan yang banyak dilakukan orang lain, yaitu mengunggah lagu cover di akun Youtube, yang dilakukannya sejak usia 14 tahun. Demi membiayai rekaman, Dua pernah bekerja di restoran, bar, klub, model katalog online sampai iklan TV The X Factor, ajang pencarian bakat Inggris pada 2013. Ia akhirnya mendapat kontrak dengan Warner Music Groups pada 2015.

Nama Dua kian populer lewat single “New Rules” dan juga album self titled pada 2017. Single New Rules menjadi lagu nomor satu di UK, Belgia, Belanda, dan Irlandia. Membuat Dua sebagai artis solo wanita yang menjadi nomor satu di Inggris, sejak single “Hello” dari Adele di 2015. New Rules menjadi “female empowerment & breakup anthem” yang lagu dan video klipnya menerima pujian dari kritikus. Parodi video klip yang bermunculan dan beredar banyak di Youtube, juga turut membantu namanya dikenal luas.

Future Nostalgia, menjadi judul album kedua yang rilis pada 27 Maret 2020. Di album tersebut Dua menyebut Gwen Stefani, Madonna, Moloko, Blondie sampai Outkast sebagai inspirasinya. “Don’t Start Now” sebagai single pertama menerima penilaian baik, diantaranya referensi disko dan vokal Dua. Menjadi single ketujuhnya yang masuk di Top 10 UK. Ditulisnya bersama Caroline Ailin, Emilly Warren dan diproduseri Ian Kirkpatrick, tim yang sama dengan pengerjaan single “New Rules”.

Pengerjaan album Future Nostalgia, sudah mulai dikerjakan sejak 2018. Dua bahkan pernah menyebut nama-nama produser dan musisi seperti Nile Rodgers, Max Martin, Mark Ronson sampai Pharrell Williams. Namun setelah rilis, tidak satu lagupun yang dikerjakan bersama mereka. Melainkan diproduseri oleh Jeff Bhasker, Ian Kirkpatrick, Stuart Price, The Monsters & Strangerz. Album ini sukses menjadi album nomor satu di 9 negara, termasuk di Inggris, yang menjadi raihan pertama Dua.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!