FOTISMINI: Declan McKenna

Declan Benedict McKenna, penyanyi, penulis lagu, multi instrumentalis asal Greater London, Inggris. Telah merilis satu album, What Do You Think About the Car (2017) dan 3 EP Stains (2016), Liar (2016) dan Regurgitated (2019).

Declan populer dengan lagu-lagu yang memuat lirik kontroversial, diantaranya korupsi FIFA dan penyelenggaraan Piala Dunia 2014, remaja transgender yang bunuh diri, sampai isu politik. Kritikus musik dan publikasi banyak menyorot lirik tersebut yang tidak banyak ditulis penyanyi remaja seperti Declan.

Declan memenangkan kompetisi Emerging Talent di Festival Glastonburry pada 2015, mendapat hadiah £5000 dan tampil di salah satu panggung di festival tersebut. Ia sampai diburu oleh 40 label rekaman, namun Ia memilih bergabung dengan Columbia Records.

Di tahub 2017, Ia dinobatkan sebagai BBC Music Introducing’s Artist of the Year. Ini adalah media yang diluncurkan tahun 2007 ditujukan kepada musisi baru tanpa label rekaman, agar musik mereka didengar secara luas di Inggris Raya. Juga seperti musisi lainnya, diantaranya Izzy Bizu, George Ezra, Jack Garratt, Florence + the Machine, Ed Sheeran, Jake Bugg, Catfish and the Bottlemen, James Bay dan Little Simz.

Album perdana Declan, What Do You Think About the Car? (2017), dirilis 21 Juli 2017. Mendapat pujian positif dari kritikus dan masuk dalam daftar rilisan terbaik tahun 2017. Album tersebut diproduseri James Ford (yang pernah memproduseri Klaxons, Arctic Monkeys, Florence & the Machine). Kritikus menyebut dengan diproduseri James, Declan memiliki awal karir musik yang menjanjikan. Seluruh lagu ditulis Declan kecuali satu lagu, berjudul Listen to Your Friends bersama Rostam Batmanglij.

Pada 2019, Declan merilis EP Regurgitated dan single British Bombs yang mengkritik kebijakan politik luar negeri Inggris. Desember 2019, ia mengumumkan album keduanya. Selama rekaman ia banyak mendengarkan Bob Dylan, Waterboys and Crosbym Stills and Nash. Meski dikerjakan di Nashville, Amerika Serikat, Declan enggan menambahkan sound Americana atau Country di album tersebut.

Album kedua Declan diberi judul Zeros akan dirilis pada 21 Agustus 2020 diproduseri Jay Joyce. Meski dikenal kerap membawakan lagu dengan lirik kontroversial, di album kedua ini Declan ingin lebih membawakan lagu yang lebih dekat dengan hidupnya, iya sebagai anak muda. Seperti single Beautiful Faces, sebagai single pertama dideskripsikannya sebagai anthem for doomed youth. Menceritakan bagaimana anak-anak muda, seperti dirinya yang terlalu terobsesi dengan teknologi.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!