FOTISMINI: Craig David

Craig Ashley David, penyanyi, penulis lagu, rapper, produser rekaman asal Southampton, Inggris. Karir bermusiknya dimulai setelah mengisi vokal untuk duo garage Inggris, Artful Dodger sejak 1999. Telah merilis 8 album, 20 single di Top 40 UK, 7 album nomor satu di UK, dan telah menjual lebih dari 15 juta copy rekaman di seluruh dunia. Pada 2008, oleh Southampton Solent University, memberinya gelar kehormatan Doctor of Music, atas kontribusinya terhadap industri musik.

Craig menjadi artis pria termuda yang berhasil meraih posisi pertama dari album debutnya, Born to Do It (2000). Dari 8 rilisan albumnya, Craig menjadi salah satu artis terlaris dalam sejarah musik Inggris dekade 2000-an. Namun, sampai kini ia belum pernah membawa pulang Brit Awards dari total 14 nominasi.

Pengaruh Craig terhadap musik kulit hitam Inggris sangat besar. Dekade 80-an dan 90-an, musik dari musisi kulit hitam Inggris hanya didengarkan di skena underground atau kelompok tertentu, belum menembus pasar musik arus utama. Kemunculan Craig pada 1999, mengubah segalanya. Musiknya diterima sangat baik oleh kalangan kulit putih dan hitam. Sejak Craig David, bermunculan musisi, rapper kulit hitam yang musiknya masuk Top 40, memenangkan penghargaan, menjadi artis utama festival besar. Seperti Stormzy, Skepta, Sampha dan lainnya.

Kesibukan lain dari Craig David adalah menjadi MC dan DJ di klub dan pesta, yang diberinya nama TS5, dari Tower Suite 5, Hotel Mondrian, Miami. Pesta tersebut dihadiri selebriti populer seperti P Diddy, Lil Wayne sampai Kate Upton. Dari kediamannya, TS5 sampai diundang mengisi acara di radio Capital XTRA sampai tampil di festival Ibiza dan Glastonbury.

Terlepas dari suksesnya ia bersama TS5, Craig justru memutuskan kembali ke London untuk fokus bermusik. Selama di Miami, ia mengaku terlalu banyak distraksi yang membuatnya kelelahan. Pada Mei 2019, Craig merilis single “When You Know What Love Is”, yang akan masuk di album kedelapannya dan album kompilasi seri program populer di Inggris, Love Island. Single ini diproduseri Frasser T. Smith.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!