FOTISMINI: Coldplay

Coldplay, band yang dibentuk semasa personilnya kuliah di University College London, pada 1996. Beranggotakan Chris Martin (vokal, piano), Jonny Buckland (gitar), Guy Berryman (bass) dan Will Champion (drum). Album yang dirilis Parachutes (2000), A Rush of Blood to the Head (2002), X&Y (2005), Viva La Dida or Death and All His Friends (2008), Mylo Xyloto (2011), Ghost Stories (2014), A Head Full of Dreams (2015) dan Everyday Life (2019).

Coldplay telah menjual lebih dari 100 juta copy album di seluruh dunia, membuat mereka sebagai salah satu artis terlaris sepanjang sejarah. Tiga album mereka, Parachutes, A Rush of Blood to the Head dan X&Y, menjadi album terlaris di Inggris. Coldplay juga dikenal sebagai band yang aktif dalam sosial. Diantaranya, mereka mendonasikan 10 per cent keuntungan band untuk kegiatan amal, yang sudah dilakukan band sejak awal.

Nama Coldplay, merupakan rekomendasi dari teman mereka setelah sebelumnya memakai nama Pectoralz dan Starfish. Raihan penghargaan yang diterima diantaranya 9 Brit Awards, 6 MTV Video Music Awards, 7 MTV Europe Music Awards dan 7 Grammy Awards dari total 29 nominasi.

Sebelumnya poster hitam putih dengan foto Coldplay diedarkan di Sào Paolo, Berlin, Hongkong dan Sydney, tertulis 22 November 1919. Coldplay juga mengirimkan pesan kepada penggemar melalui email mengenai album baru. Daftar lagunya juga diumumkan di harian North Wales Daily Post dan Otago Daily News. Everyday Life, album kedelapan Coldplay, rilis pada 22 November 2019, rilisan double album, bagian pertama diberi judul Sunrise dan judul kedua Sunset. Menjadi album nomor satu di Inggris, dan terlaris ketiga sepanjang 2019.


Meski tur terakhir Coldplay menjadi tur terlaris kelima sepanjang sejarah, sayangnya untuk album terbaru, Everyday Life, akan ditunda dengan alasan lingkungan. Penyelenggaraan konser, memang meninggalkan jejak karbon dan produksi sampah plastik dalam jumlah yang besar. Sebagai gantinya, Coldplay mengadakan dua pertunjukan di Amman, Yordania, yang disiarkan gratis melalui Youtube.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!