FOTISMINI: Cigarettes After Sex

Cigarettes After Sex, band yang dibentuk Greg Gonzalez pada 2008 ini berasal dari El Paso, Texas. Telah merilis 2 album, Cigarettes After Sex (2017) dan Cry (2019), juga 1 EP I (2012). Menyebut diri sebagai band genre musik pop ambience dengan suara vokalis yang androgini.

Pengerjaan EP I, dilakukan Greg bersama rekan-rekannya di kampus, University of Texas, pada 2012. Nama Cigarettes After Sex baru ramai diperbincangkan pada 2016 lewat sistem algoritma di Youtube, yang memungkinkan pengguna menerima rekomendasi Youtube sesuai dengan yang sudah disimak sebelumnya. Video “Nothing’s Gonna Hurt You Baby”, yang diunggah salah satu penggemar, ditonton lebih dari 100 juta kali di Youtube. Single ini juga hadir pada momen puncak drama populer peraih Emmy dan Golden Globe, The Handmaid’s Tale.

Greg Gonzalez menyebut ikon musik pop asal Prancis, Francoise Hardy dan Miles Davis yang memberikan pengaruh dalam bermusik. Meski lagu-lagu mereka banyak membicarakan tentang romansa, beberapa penggemar mengaku merasa sangat terbantukan mendengar musik Cigarettes After Sex sebagai terapi dalam mengendalikan rasa kecemasan yang berlebihan.

Perlahan namun pasti, nama Cigarettes After Sex dikenal luas. Lagu-lagunya telah di-streaming lebih dari 120 juta kali di Spotify dan video disimak lebih dari 200 juta kali di Youtube. Pendengarnya beragam, termasuk menjadi pilihan pribadi Shirley Manson dari Grabage mengajak mereka sebagai band pembuka untuk tur Garbage pada 2016. Kemudian bergabung dengan label rekaman Big Deal Music pada 2018.

Album kedua, Cry, rilis 25 Oktober 2019 mereka kerjakan di sebuah rumah di pulau Mallorca, Spanyol. Selain masih enggan merilis video klip, rupanya di album kedua mereka enggan rekaman di dalam studio. Menurut mereka, rekaman di luar studio menjadi lebih spesial, dipengaruhi atmosfer sekitar yang membantu mereka lebih merasakan musik. Cry, diproduseri Greg Gonzalez dan mixing dikerjakan oleh Craig Silvey. Single “Heavenly” dirilis sebagai single pertama yang disebut Greg sebagai lagu pop romantis era akhir 50an dan awal 60an. Bagaimana menurut Bujang Dare?

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!