FOTISMINI: Caroline Polachek

Nama Caroline Polachek lebih dulu dikenal sebagai personel band Chairlift, band yang dibentuk sejak ia kuliah bersama Aaron Pfenning dan Patrick Wembley, di 2005. Single Chairlift yang berjudul “Bruises” ramai didengarkan pada 2008 sebagai bagian dari iklan iPod Nano. Bersama Chairlift, Caroline telah merilis tiga album, sampai akhirnya mereka memutuskan bubar di 2016.

Caroline Elizabeth Polachek, penyanyi, penulis lagu dan produser asal New York. Di tengah kesibukannya di Chairlift, Caroline pernah merilis album sebagai solois dengan nama Ramona Lisa dan inisial CEP. Album solo yang dirilisnya Arcadia (2014) dan Drawing The Target Around The Arrow (2017). Baru di 2019, ia merilis album, Pang, dengan namanya sendiri, Caroline Polachek.

Setelah Chairlift bubar di 2016, Caroline menulis lagu bersama produser Danny L Harle yang tadinya akan ditawarkan ke Katy Perry. Oleh Danny, Caroline justru disarankan menulis lagu untuk dirinya sendiri. Meski sudah memulai karir di musik sejak 2005 bersama Chairlift, namun Caroline tetap merasa terlambat melanjutkan karirnya sebagai penyanyi solo wanita di usianya sekarang.

Album Pang, rilis pada 18 Oktober 2019, diproduserinya bersama Danny L Harle, Daniel Nigro, Jim-E Stack, Dan Carey, A. G. Cook, Andrew Wyatt dan Valley Girl. Menerima sambutan positif dari kritikus musik dan publikasi yang menempatkan albumnya sebagai salah satu rilisan terbaik sepanjang 2019. Publikasi tersebut diantaranya Dazed, Exclaim!, GQ Magazine, The Guardian, Paste, PopMatters, Uproxx, dan Vice.

Referensi Caroline dalam album Pang, diantaranya film Disney klasik era 1950-an, terutama lukisan dari Eyvind Earle yang karyanya dilihat Caroline pada film Sleeping Beauty. Kemudian foto dari Steven Meisel untuk kampanye busana keluaran Versace Fall/Winter 1998, permainan kartu digital, Magic: The Gathering sampai motif black watch tartan.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!