FOTISMINI: Carly Rae Jepsen

Carly Rae Jepsen adalah penyanyi, penulis lagu, aktris juga pemenang ketiga Canadian Idol 2005.

Namanya baru mendunia lewat single “Call Me Maybe” pada 2012. Padahal sudah ada album yang sudah dirilis sebelumnya, yakni Tug of War (2008). Album berikutnya yang diluncurkan adalah Kiss (2012) dan Emotion (2015); juga beberapa album mini, yakni EP Dear You (2004), EP Curiosity (2012) dan EP Emotion: Side-B (2016).

“Call Me Maybe”, menempati  nomor satu di tangga lagu Kanada, Amerika Serikat, Inggris dan 15 negara lainnya bahkan menjadi single terlaris sepanjang 2012. Suksesnya lagu ini membuat Carly mendapat kontrak dengan Schoolboy Records dan Interscope Records. Call Me Maybe, lagu pop remaja membuat Carly sering dikira berusia 16 tahun saat itu. Selain itu, ia sempat diramal oleh kritikus dan media bahwa karirnya hanya akan bertahan di satu lagu saja.

Ternyata, hal tersebut tak terbukti. Carly mengajak artis populer di jalur musik utama dan indie untuk membantunya di album ketiga Emotion, yang sukses mendapat pujian positif dari kritikus. Mereka adalah Sia, Mattman & Robin, Blood Orange, Rostam Batmanglij dan Ariel Rechtsaid. Emotion masuk daftar rilisan terbaik tahun 2015 versi beberapa media terkenal, seperti NPR, Rolling Stone, Vice, dan Stereogum.

Soal penghargaan, Carly memenangkan penghargaan Juno Awards, Billboard Music Award, dan Allan Slaight Award. Ia juga pernah dinominasikan di Grammy Awards, Primetime Emmy Awards, Polaris Music Prize dan People Choice Awards. Carly pernah bekerja sama dengan Blood Orange di album Freetown Sound, Bleachers di album Gone Now dan Strange Desire, BC Unidos di EP Bicycle, sampai Danny L Harle di single Super Natural.

“Party for One” single utama dari album keempat Carly, ditulisnya bersama Tavish Crowe, Julia Carlson dan Anton Rundberg. Lagu ini diproduseri Hightower dan Captain Cuts. Oleh Paper, single ini disebut sebagai self care anthem. Bujang Dare setuju?