FOTISMINI: Boy Pablo

Boy Pablo, one man band asal Bergen, Norwegia dibentuk Nicolas Pablo Muñoz pada Desember 2015. Namanya viral lewat video klip single “Everytime” di YouTube pada 2017, berkat algoritma YouTube yang membuat videonya sudah ditonton lebih dari 15 juta kali.

Boy Pablo telah merilis 2 EP, yaitu Roy Pablo (2017) dan Soy Pablo (2018). Nicolas merekam dan memproduseri sendiri albumnya. Untuk penampilan di atas panggung ia didukung oleh Gabriel Muñoz (gitar), Eric Tryland (piano), Henrik Åmdal (bass), Sigmund Vestrheim (drum).

Di negara asalnya, Norwegia, ama boy pablo baru dikenal  pada tahun 2016 ketika menerima beasiswa dari Bergenfest. Bergenfest ini adalah sebuah festival tahunan musik yang diadakan di Bergen, Norwegia.

boy pablo tergabung dalam manajemen 777, yang beranggotakan kolektif musisi muda Norwegia. Menarik, ya! Mereka juga memiliki akun YouTube 777tv yang menampilkan single dan video klip.

Sama seperti ayah dan abangnya yang musisi, Nicolas Pablo Muñoz juga belajar memainkan alat musik. Sedari ia kecil mendengarkan lagu the Beatles dari sang ayah dan The Ramones koleksi sang abang.

Nicaolas yang menulis lagu terinspirasi oleh cuaca di Bergen yang sering hujan, tidak menyangka di tahun-tahun berikutnya boy pablo bisa mengadakan tur sampai ke Amerika Serikat, Kanada, dan Asia.

Tyler, the Creator juga disebut boy pablo sebagai artis yang ingin ia ajak berkolaborasi selain MGMT, Thundercat, Sondre Lerche, dan SZA.

EP “Soy Pablo” dirilis pada 5 Oktober 2018. Judul albumnya dalam bahasa Spanyol berarti “Saya Pablo”. Menurut Boy Pablo, judul tersebut tepat untuk merepresentasi musik yang dibawakannya.