FOTISMINI: Balthazar

Balthazar adalah band asal Belgia yang dibentuk pada 2004 saat personilnya masih berusia 18 tahun. Sekarang Balthazar beranggotakan Maarten Devoldere (vokal, gitar), Jinte Deprez (vokal, gitar), Simon Casier (bass) dan Michiel Balcien (drum).

Balthazar pernah memenangkan kompetisi nasional, Kuntsbende dan Westtalent, yakni kontes musik rock yang diadakan di provinsi West Flanders, Belgia. Album Balthazar yang telah dirilis antara lain, Applause (2010), Rats (2012), Thin Walls (2015) dan Fever (2019).

Pengerjaan album Applause dilakukan di Afrika Selatan saat tur, diproduseri Maarten dan Jinte. Album ini mendapat sambutan baik dan masuk daftar rilisan terbaik oleh publikasi lokal Belgia.

Pada album Rats, mereka bekerja sama dengan Noah Georgeson untuk mixing album. Noah, pernah mengerjakan mixing album The Strokes, Joanna Newsom dan Davendra Banhart. Album Rats, juga diterima sangat baik di Belanda dan Perancis.

Jika pada 2 album pertama diproduseri Maarten dan Jinte, maka pada album Thin Walls, Balthazar menggandeng Ben Hillier yang dikenal setelah memproduseri album Blur dan Depeche Mode. Thin Walls menjadi satu dari 19 album yang dinominasikan pada IMPALA Award, penghargaan album indipenden Eropa. Pemenang IMPALA Award sebelumnya diantaranya The xx, Arctic Monkeys, Royksopp, Björk, Adele.

Dengan album Thin Walls, Balthazar tampil di banyak festival yang ada di Belgia, Perancis, Belanda, United Kingdom, Italia, Swiss, Turki dan Ukraina.

Siklus di band yang berulang, rekaman, rilis album sampai tur, membuat Balthazar membutuhkan waktu istirahat. Maarten, Jinte dan Simon mengerjakan proyek musik sendiri. Maarten pindah ke Kyrgistan, merilis dua album dengan nama Warhaus. Jinte, merilis satu album dengan nama J. Bernardt. Simon dengan nama Zimmerman, juga merilis dua album. Proyek musik solo tersebut dilakukan pada kurun waktu 2016-2017.

Proyek musik solo yang dikerjakan tiga dari empat personil Balthazar, memberikan energi baru dan kembali bersemangat mengerjakan album. Mereka juga menyebut dengan beristirahat dari Balthazar, merilis proyek musik solo, adalah keputusan terbaik yang dipilih. Album keempat, Fever diproduseri Jasper Maekelberg, rilis pada 25 Januari 2019. Sampul albumnya menampilkan foto dari National Geographic, hewan yang mereka lihat saat rekaman, anjing liar Afrika.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!