FOTISMINI: Ariana Grande

Ariana Grande-Butera adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktris asal Florida, Amerika Serikat. Ia lebih dulu dikenal sebagai aktris lewat serial televisi Victorious (2010-2013) dan Sam & Cat (2013-2014) di Nickelodeon.

Sebagai penyanyi, album yang telah dirilisnya adalah Yours Truly (2013), My Everything (2014), Dangerous Woman (2016) dan Sweetener (2018). Juga 2 EP album natal, Christmas Kisses (2014) dan Christmas & Chill (2016).

Ariana telah memenangkan tiga American Music Awards, tiga MTV Europe Music Awards, dua MTV Video Music Awards dan enam kali dinominasikan di Grammy Awards. Ariana telah bekerja sama dengan produser ternama di dunia musik, di antaranya Babyface, Max Martin, Pharrell Williams, Benny Blanco, Ryan Tedder, Savan Kotecha.

Meskipun masih sangat muda, Arian terpilih masuk ke dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia pada 2017, berkat keberanian dan sikapnya terutama setelah mengadakan konser amal One Love Manchester, Juni 2017. Konser ini diadakan setelah Tur Dangerous Woman di Manchester Mei 2017 mengalami pengeboman yang menewaskan 22 orang dan melukai ratusan orang. Konser amal yang disiarkan di 50 negara ini berhasil mengumpulkan lebih dari 10 juta poundsterling. Tak heran, karena turut diramaikan oleh Justin Bieber, Miley Cyrus, Katy Perry, Liam Gallagher, Pharrell Williams, Robbie Williams, Mumford & Sons, Niall Horan dan lainnya.

Meski Ariana sempat menyatakan tidak akan rekaman lagi setelah insiden Manchester, namun ternyata pada November 2017 Ariana menyampaikan album barunya sedang dalam pengerjaan. Sweetener, dirilis 17 Agustus 2018 dengan merilis single utama, no tears left to cry. Albumnya langsung debut di posisi pertama tangga album Billboard 200, juga di 12 negara lainnya.

Single thank u, next. disebut sebagai respon Ariana terhadap mantan tunangannya, Pete, yang pada promo acara SNL sempat mencandai Maggie Roggers dengan mengajaknya menikah.

thank u, next sukses meraih rekor sebagai lagu penyanyi wanita yang paling banyak di-streaming dalam satu hari di Spotify yang membuatnya menjadi lagu nomor satu di Amerika Serikat, Inggris, Australia dan 10 negara lainnya. Video klip thank u, next  mengambil referensi dari film Mean Girls, Bring It On, 13 Going on 30 dan Legally Blonde. Sudah nonton?