FOTISMINI: Andy Burrows

Andrew William Burrows yang akrab dengan panggilan Andy Burrows adalah musisi, penulis lagu dan produser asal Hampshire, Inggris. Ia dikenal lebih dulu oleh publik sebagai drummer Razorlight dan We Are Scientist. Ia juga tergabung di dalam  I Am Arrows yang sempat merilis Sun Comes Up Again (2010), Company (2012), Fall Together Again (2014). Bersama Matt Haig, kolaborasi mereka bisa kita nikmati lewat album Reasons To Stay Alive (2019)

Andy bergabung dengan Razorlight setelah lolos audisi. Bersama Razorlight, Andy bertahan hingga merilis 3 album dan bahkan ikut menulis beberapa single, seperti “America” dan “Before I Fall to Pieces”.

Ia memutuskan mundur dari Razorlight karena masalah personal. Karirnya ebagai drummer tentu tak usai di situ saja, ia kemudian bergabung dengan We Are Scientist, dan merilis 2 album pada 2010 dan 2014.

Selain bermusik di dalam band, Andy pernah menjalan kolaborasi untuk beberapa proyek musik lain. Misalnya dengan Tom Smith (Editors) untuk proyek musik Smith & Burrows; lalu bersama komposer Illan Eshkeri mengerjakan soundtrack film pendek The Snowman and The Snowdog. Ia juga memproduseri soundtrack film arahan Ricky Gervais, “David Brent: Life On The Road”. Bahkan Andy juga menjajal keahliannya menjadi produser untuk Tom Odel, sekaligus menjadi drummer-nya. Lewat Tom Odell inilah kemudian ia mengenal tulisan Matt Haig. 

Ya, tak hanya dengan sesama musisi, Andy pun menghasilkan karya bersama penulis laris Inggris, Matt Haig, untuk album Reasons To Stay Alive. Album ini tekah dirilis pada 1 Februari 2019. Reasons To Stay Alive ditulis berdasarkan buku terlaris Matt tahun 2015 yang berjudul sama. 

Andy dan Matt terlebih dahulu saling mengikuti akun twitter yang kemudian berlanjut ke pengerjaan album. Lirik ditulis oleh Matt sedangkan aransemen dan komposisi musiknya dikerjakan Andy. Dom Howard (Muse), Keith Murray (We Are Scientist) dan Tom Smith (Editors) juga dilibatkan dalam album yang diproduseri Tim Buxton ini. Simak baik-baik lirik di album Reasons to Stay Alive ini, karena ia menceritakan bagaimana menyikapi kesehatan mental dan pentingnya harapan serta optimisme di dalam hidup.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!