FOTISMINI: Andrew Bird

Andrew Wegmen Bird adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan multi instrumentalis, ia juga mengerjakan skoring film. Berasal dari Illinois, Amerika Serikat, Andrew memulai karir sebagai pemain biola sejak 1996 dan bergabung dengan grup jazz bernama Squirrel Nut Zippers dan Bowl of Fire. Bersolo karir ia mulai sejak 2003 sekaligus belajar memainkan gitar, glockenspiel dan bersiul.

Andrew dikenal cukup sering bereksperimen saat merekam albumnya. Misalnya rekaman di sebuah gudang atau lumbung hasil pertanian untuk album Hands of Glory. Ia mengerjakan rekaman di tebing untuk album instrumental Echolocation: Canyon, dan di sungai untuk album Echolocation: River.

Dikenal sebagai musisi dan multi instrumentalis terlatih membuat Andrew juga sering diajak artis lain bekerja sama. Di antaranya Neko Case, My Morning Jacket, Dosh sampai Esperanza Spalding. Dalam rilisan album solonya, Andrew pernah mengajak St. Vincent dan Fiona Apple sebagai rekan duet.

Album My Finest Work Yet, diproduseri Paul Butler dan rilis pada 22 Maret 2019. Sampul albumnya menampilkan Andrew yang difoto oleh fotografer Amanda Demme, terinspirasi dari lukisan terkenal masa Revolusi Prancis, The Death of Marat. Lagu-lagunya mengambil referensi dari Perang Spanyol, perubahan iklim, sampai kondisi politik yang diibaratkannya dengan mitologi Yunani, seperti pada lagu Sisyphus.

Andrew menyebut pengaruhnya dalam membuat My Finest Work Yet, berasal di antaranya dari album Kind of Blue dari Miles Davis, lagu The Other Woman dari Nina Simone saat tampil live di Carnegie Hall 1964 dan album Chickasaw County Child dari Bobby Gentry. Pitchfork menilai album ini membuat Andrew tidak hanya terdengar nyaman untuk dirinya sendiri, tapi bisa dinikmati pendengar lain. Setuju, Bujang Dare?

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!