FOTISMINI: AlunaGeorge

AlunaGeorge adalah duo beranggotakan Aluna Francis dan George Reid yang dibentuk di London pada 2012. Mereka telah merilis album Body Music (2013), I Remember (2016), EP You Know You Like It (2012) dan EP Champagne Eyes (2018).

Single yang pertama kali merilis adalah “You Know You Like It” pada 2012, yang kemudian di-remix DJ Snake pada 2014 untuk soundtrack film The Amazing Spider Man. Versi remix-nya inilah yang sukses menempati peringkat 13 tangga lagu Billboard Hot 100.

Aluna Francis, awalnya bergabung dengan band My Toys Like Me. George Reid sebelumnya gitaris band beraliran indie math rock, Colour. Dibentuknya AlunaGeorge berawal dari MySpace dan George menghubungi Aluna untuk me-remix single-nya saat bersama My Toys Like Me, “Sweetheart”. Tahukah Bujang Dare, Aluna memegang lisensi sebagai reflexologist.

AlunaGeorge adalah juara dua BBC Sound of 2013. Asal tahu saja Bujang Dare, BBC Sound of… merupakan jajak  tahunan kritikus musik dan figur industri musik untuk menemukan pendatang musik baru yang menjanjikan. Mereka juga dinominasikan pada BRIT Award of Critics’ Choice pada tahun yang sama.

Sejauh ini AlunaGeorge pernah bekerja sama dengan Disclosure, Jack Ü, Flume, Popcaan, dan masih banyak lagi. Mereka menyebut Flying Lotus, Chris Clark, Hudson Mohawke, Destiny’s Child, Mariah Carey, James Taylor, Van Morrison, Aaliyah, sampai PJ Harvey sebagai artis yang memberi pengaruh musik mereka.

Dengan alasan ingin bebas dan total dalam berkreasi, AlunaGeorge merilis EP Champagne Eyes pada 5 Oktober 2018 secara independen. Mini album ini menghadirkan Bryson Tiller, Baauer, dan Cautious Clay. Single pertama, “Superior Emotion” bekerja sama dengan penyanyi, multi instrumentalis dan produser asal Brooklyn, Cautious Clay. Aluna mengaku terobsesi dengan album Cold War dari Cautious Clay dan menghubunginya via DM untuk bekerja sama.