FOTISMINI: Alanis Morissette

Alanis Morissette salah satu penyanyi populer era 90-an yang disebut sebagai Queen of Alt-Rock Angst oleh Rolling Stone. Lewat album ketiganya, Jagged Little Pill, Alanis sukses menjual lebih dari 33 juta copy album, memenangkan 5 Grammy Awards, dan albumnya masuk daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa oleh Rolling Stone. Meski lebih dikenal sebagai penyanyi rock alternatif, Alanis pernah merilis 2 album beraliran dansa pop yang cukup sukses di Kanada.

Alanis Nadine Morissette, penyanyi, penulis lagu, multi instrumentalis, produser, aktris dan podcaster asal Ottawa, Kanada. Delapan album yang telah dirilisnya sukses terjual lebih dari 75 juta copy. Mengawali karir sebagai artis cilik di seri televisi Nickelodeon pada usia 10 tahun. Sebelum dikenal luas, Alanis mengalami banyak penolakan label rekaman. Tapi kemudian, ia ditemukan dengan Glen Ballard (produser, penulis lagu yang pernah bekerja sama dengan Michael Jackson dan Willson Phillips) juga bergabung dengan label rekaman Maverick Records.

Bisa dibilang kesuksesan Alanis menjadi pembuka pintu penyanyi wanita lainnya, seperti Shakira, Meredith Brooks, Pink, Michelle Branch sampai Avril Lavigne. Ia juga bekerja sama dengan banyak musisi top diantaranya Dave Navarro (Jane’s Addiction), Flea (Red Hot Chili Peppers) sampai Taylor Hawkins (Foo Fighters).

Alanis juga aktif di podcast, Conversation with Alanis Morissette, menghadirkan tamu dengan ragam latar belakang dan berdiskusi tentang banyak hal. Dari psikologi, seni, spiritualitas, kesehatan sampai hubungan asmara juga orang tua dan anak. Ia juga aktif menulis kolom berita di The Guardian, Ask Alanis Morissette, sejak 2016.

Sejak September 2017, Alanis sudah memberikan sinyal kembali aktif di musik dengan menyanyikan lagu baru di turnya. Ia juga pernah menyampaikan di akun twitternya bahwa sudah ada 23 lagu baru yang ditulisnya dengan tagar alanismorisettenewrecords2019. Single ‘Reasons I Drink’ dirilis sebagai single pertama dari album kesembilannya, Such Pretty Forks in the Road. Album yang diproduseri Alex Hopes dan Catherine Marks, ini akan dirilis pada 1 Mei 2020.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!