Wakil Gubernur Kalbar Ajak Semua Instansi Pemerintahan Manfaatkan Media Sosial

Festival Saprahan Ramaikan HUT Kota Pontianak 

Dalam rangka ulang tahun Kota Pontianak yang ke-248, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Saprahan pada Rabu (02/10/2019) di Rumah Adat Melayu.

Festival Saprahan ini diperuntukan untuk pelajar SMP yang ada di Kota Pontianak. Dengan menggunakan Pakaian Adat Melayu, mereka juga membawa saprahan untuk disajikan yang terdiri dari acar, semur, pacari nanas , selada dan sambal.

“Ada 21 kelompok peserta yang berpartisipasi dari berbagai perwakilan sekolah yang menyajikan saprahan dalam Festival Saprahan HUT Kota Pontianak,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani

Makan Saprahan merupakan adat istiadat budaya Melayu. Berasal dari kata “Saprah” yang artinya berhampar, yakni budaya makan bersama dengan cara duduk lesehan bersila di atas lantai secara berkelompok yang terdiri dari enam orang dalam satu kelompoknya.

“Semoga semakin banyak yang antusias dalam Festival Saprahan ini ke depannya dan anak muda milenial semakin banyak yang mengenal budaya saprahan ini,” pungkasnya.