Dunia Kampus: Parsial Delapan

Ikut Siaran Yuk!

Punya organisasi, kegiatan atau agenda kampus yang asyik lagi seru? Ayo berbagi supaya Bujang Dare Volare juga bisa jadi mahasiswa sekeren kamu!

Kami Ingin Ikutan!

Warta Kampus

Himpunan Mahasiswa Farmasi FK UNTAN menyelenggarakan PHYTOPLASM XI. Melalui kesempatan ini, dengan mengusung tema “Penggunaan Bahan Alam dan Penanganan Infeksi Menular Seksual Akibat Bakteri” PHYTOPLASM XI mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa se-Indonesia.

Yuk, segera daftarkan diri kalian! Pendaftaran dan Pengumpulan LKTIM Gelombang I: 24 Desember 2018-09 Februari 2019 dengan biaya pendaftaran 180 k dan untuk
Gelombang II: 10 Februari – 10 Maret 2019 dengan biaya pendaftaran 200k

Narahubung:
Agvina (085754304337)
Melly (089669662062)

Ada lomba puisi, nih! Lomba Menulis Puisi Nasional 2019 di Universitas Lambung Mangkurat yang fokus dalam sebuah tema: PANCASILA TAK PUDAR TERMAKAN USIA.

Syarat dan Ketentuan Lomba Menulis Puisi Nasional 2019 di Universitas Lambung Mangkurat

  • WNI baik pelajar, mahasiswa, ataupun masyarakat biasa bisa mengikutinya
  • Peserta dalam lomba ini wajib membayar biaya pendaftaran, 10 ribu untuk setiap karyanya
  • Karya sesuai dengan tema lomba
  • Karya tidak mengandung unsur plagiarism
  • Keputusan pemenang tidak dapat dianggu gugat
  • Pendaftaran ditutup tanggal 24 Januari 2019.
  • Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 16 Februari 2019.

Info lebih lanjut: informasilomba.com

 

Buat kamu yang baru lulus S1 dan ingin mencari pengalaman kerja sekaligus membuka wawasan internasional, bisa ikutan program magang di Delegasi Uni Eropa di Jakarta.

Program berlangsung selama 6 bulan, bisa pilih waktu antara Maret 2018 sampai Februari 2019. Selama magang akan mendapat bayaran untuk menutup biaya hidup dan lain-lain.

Segera daftar ya, jangan lewat tgl 31 Januari 2019.

Syarat lengkap dan cara daftarnya bisa dilihat di sini.

Tiga mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) serta satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) meraih medali perak dalam kompetisi Seoul International Invention Fair (SIIF) di Seoul, Korea Selatan.

SIIF merupakan kompetisi diselenggarakan Korea Invention Promotion Association (KIPA). UNAIR berhasil meraih medali perak dengan mempresentasi inovasi bernama PINELICA (Pineapple Peel as Hair Care) yakni inovasi dengan memanfaatkan limbah kulit nanas sebagai gel yang dapat digunakan sebagai masker dan krim untuk mengatasi ketombe.

Tim PINELICA terdiri atas (1) Teguh Dwi Saputro, mahasiswa FKp angkatan 2015, selaku ketua, (2) Fina Ainur Rohmah, FKp angkatan 2015, (3) Yenny P, FKp angkatan 2015 dan (5) Wildani Abdala N, FISIP angkatan 2015.

Inovasi ini berasal dari banyaknya kulit nanas yang dibuang begitu saja sehingga menumpuk dan menjadi limbah. Padahal, kulit nanas mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Khususnya untuk mengatasi ketombe yang jadi masalah bagi manusia pada era modern saat ini.

Mereka berinovasi membuat sebuah gel dari ekstrak kulit nanas yang dapat digunakan multifungsi. Yakni, dapat digunakan sebagai masker dan krim rambut dalam mengatasi ketombe yang tentu lebih praktis, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.

Diketahui, tim UNAIR bersaing dengan peserta dari total 606 penemuan dan 33 negara. Di antaranya, Arab Saudi, Taiwan, Thailand, Korea, Malaysia, Macau, Taiwan, dan Kroasia.

Para pesertanya berasal dari latar belakang yang beragam, mulai siswa SMP–SMA, mahasiswa, dosen, hingga peneliti. Yang dari Indonesia, total ada 70 tim yang turut serta, termasuk dari FKp UNAIR.