Dunia Kampus: AIESEC Universitas Tanjungpura

Ikut Siaran Yuk!

Punya organisasi, kegiatan atau agenda kampus yang asyik lagi seru? Ayo berbagi supaya Bujang Dare Volare juga bisa jadi mahasiswa sekeren kamu!

Kami Ingin Ikutan!

Warta Kampus

Art For Orangutan, pameran seni rupa ke-3 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang membedakan adalah jangkauan pelaku seni yang tak hanya terbatas pada seni rupa saja. Untuk kamu yang hobi menulis kini diajak untuk aktif mengambil peran dalam pelestarian orangutan dan satwa liar lainnya.

Pengumpulan karya lomba penulisan cerita pendek paling lambat hari Minggu, 6 Januari 2019 pukul 23.00 WIB. 7 dari 10 karya terbaik akan mendapatkan 1 buku antologi. Semua peserta lomba cerpen akan mendapatkan e-sertifikat

Pengumuman pemenang akan dipublikasikan di akun instagram resmi @orangutan_COP @giginyala dan @indiebookcorner pada pembukaan #artfororangutan3 pada Kamis, 14 Pebruari 2019 di Jogja National Museum, Yogyakarta. Klik untuk info lanjut.

Peluang beasiswa Aminef yang ditawarkan satu ini terbilang menarik. Community College Initiative Program, biasa disingkat CCIP. Merupakan program beasiswa non gelar yang berlangsung selama satu tahun akademik di perguruan tinggi Amerika Serikat dan alumninya bisa diberikan sertifikat.

Sasaran utama dari beasiswa ini adalah para lulusan SMA/SMK/sederajat yang saat ini bekerja dan berniat memperdalam keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti magang profesional, layanan pembelajaran, serta kegiatan keterlibatan masyarakat.

Yang menarik, beasiswa CCIP juga bisa dilamar bagi Anda lulusan D1, D2, maupun D3. Sementara, bagi lulusan S1 Kamu boleh mendaftar selama jurusan atau bidang studi yang dilamar berbeda dengan gelar yang diambil ketika S1. Selain itu, jurusan yang akan dilamar tersebut relevan dengan pekerjaan yang saat ini dijalani.

Beasiswa CCIP Aminef ini meliputi biaya visa J-1, biaya perjalanan pp dari kota tempat tinggal ke perguruan tinggi Amerika Serikat, biaya kuliah, tempat tinggal dan makan, tunjangan buku dan kebutuhan mendadak, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta beragam kegiatan pengembangan diri dan profesional. Menarik bukan?

Bidang studi:
1. Agriculture 
2. Applied Engineering 
3. Business Management and Administration 
4. Early Childhood Education 
5. Information Technology 
6. Media 
7. Public Safety 
8. Tourism and Hospitality Management 

Batas akhir pengajuan aplikasi beasiswa CCIP 2019-2020 adalah 31 Desember 2018. Hasil seleksi final akan diberitahukan pada akhir April 2019. Klik untuk info selanjutnya. 

Jika kamu setidaknya telah menyelesaikan semester 1, beasiswa program pertukaran mahasiswa 2019 Р2020 dari AMINEF layak dicoba yaitu GLobal Undergraduate Exchange Program (Global UGRADE).

Program pertukaran mahasiswa atau sering juga disebut program pertukaran pelajar ini memberi kesempatan untuk menjalani kuliah singkat selama satu semester di universitas-universitas Amerika Serikat.
Selain bisa merasakan dan menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa di universitas AS, penerima beasiswa juga akan mendapatkan banyak pengalaman. Berinteraksi dengan rekan-rekan mahasiswa AS dan dosen serta merasakan lingkungan akademik yang baru. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat selama 20 jam. Serta orientasi saat kedatangan dan workshop ketika program berakhir. Selama di AS, kandiat terpilih akan tinggal di perumahan kampus bersama mahasiswa lainnya.

Pendaftaran beasiswa program pertukaran mahasiswa 2019 di AS dilakukan secara online melalui laman Global UGRADE. Pendaftaran online tersedia mulai 1 November s/d 31 Desember 2018. Untuk mendaftar, buat akun terlebih dahulu dan unggah dokumen aplikasi yang diminta di atas.

Harap dicatat bahwa ada persyaratan khusus untuk program Indonesia, yang mungkin berbeda dari rincian di situs Global UGRADE. Silakan diperhatikan secara seksama ketika melakukan pendaftaran online.

 

Setiap hari selalu saja ada kabar prestasi anak bangsa yang mengharumkan Indonesia. Kali ini, dua mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe meraih juara satu dan juara dua kaligrafi khat tingkat ASEAN. Ajang ini dihelat oleh Kolej Pengajian Islam Johor (Marsah) Malaysia.

Juara satu diraih oleh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan asal Matangkuli, Aceh Utara, yaitu Syeh Marzawi. Juara ke-dua diraih oleh Mahasiswa Fakultas Syariah asal Kuta Makmur, yaitu Munawir. Dua mahasiswa tersebut adalah mahasiswa penerima bidikmisi IAIN Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 500 lebih peserta dari tujuh negara Asean, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, dan Vietnam yang memperebutkan empat cabang. IAIN Lhokseumawe mendapat kesempatan untuk mengikuti ajang tersebut karena mereka sudah pernah menjalin kerja sama.

Pada Oktober lalu, Syeh Marzawi juga sukses meraih juara satu kaligrafi dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-27 di Medan Oktober 2018. Pada bulan yang sama, Munawir juga pernah meraih juara dua di cabang kaligrafi naskah dan juara tiga di kaligrafi dekorasi dalam Pioner Sumatera I di Palembang.

Tri-U International Joint Seminar and Symposium (IJSS) merupakan pertemuan tahunan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menyampaikan gagasan dan hasil penelitiannya di forum internasional. Tahun ini, 12 orang delegasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengikuti The 25th Tri-U IJSS di Chiang Mai University, Thailand. Peserta the 25th Tri-U IJSS adalah mahasiswa dari 15 perguruan tinggi yang berasal dari lima negara yaitu Jepang, Thailand, China, Indonesia dan Korea Selatan. Tahun depan tri-U IJSS akan diselenggarakan di Jiangsu University, China pada tanggal 20-24 Oktober 2019.

The 25th Tri-U mengangkat tema ‚ÄúPopulation, Food, Energy, Environment to Sustainable Society‚ÄĚ. Prestasi gemilang berhasil diraih oleh delegasi mahasiswa IPB pada kompetisi presentasi oral dan poster. Mereka merebut enam penghargaan terbaik dari 96 paper yang dipertandingkan. Best Poster Presenter diraih Yustiyani (Fakultas Ekologi Manusia/Fema) dengan tema populasi, Prilliani Madina (Fakultas Teknologi Pertanian/Fateta) dengan tema makanan, Hari Agung Pratama (Fateta) dengan tema energi dan Ditro Wibisono (Fakultas Kehutanan) dengan tema lingkungan. Best Oral Presenter diraih Vionabela Bunga Nareswari dan Yeni Katon Rahmawati Sujarnoko. Keduanya berasal dari Fateta dan memaparkan tema makanan.

Beberapa keunikan yang membuat mereka juara adalah:

  • Yustiyani menggambarkan dalam poster hasil penelitiannya yang berjudul Dietary Diversity Among Female Students in Bogor Agricultural University.
  • Prilliani Madina menggambarkan dalam poster hasil penelitiannya yang berjudul Application of Image Analysis Technique in Evaluating Color Properties of Guava and ‘Phulae’ Pineapple.
  • Heri Agung Pratama menggambarkan dalam poster hasil penelitiannya yang berjudul Study of Natural Wastewater Electricity using Microbial Fuel Cell.
    d. Ditro Wibisono menggambarkan dalam poster hasil penelitiannya yang berjudul “Preliminary Study of Biodiversity in Nusakambangan Island”.
  • Vionabela Bunga Nareswari memaparkan penelitiannya yang berjudul Development of Mushroom Pleurotus Pulmonarius as an Alternative Snack for Vegetarian.
  • ¬†Yeni Katon Rahmawati Sujarnoko memaparkan penelitiannya yang berjudul Development of Mangosteen Infusion Tea Mixed with Blueberry.