Volare Chit Chat: Smart or Nice?

#howtosayit

No fear

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah No Fear. Terdiri dari kata No dan Fear. Kata NO artinya adalah “tidak” dan kata FEAR artinya “takut”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka No Fear berarti “sama sekali tidak atau tidak mungkin”.

Berikut ini contohnya:

  1. A: “Do you think there’s a chance we could lose the championship?”
    B: “No fear! We’ve dominated each round of competition so far, and I don’t see them letting up now.”
    A: “Apakah menurut Anda ada kemungkinan kita bisa kalah dalam kejuaraan?”
    B: “Sama sekali tidak! Kami telah mendominasi setiap putaran kompetisi sejauh ini, dan saya tidak melihat mereka menyerah sekarang.”

  2. Who’s coming for a midnight swim? No fear! It’s much too cold.Siapa yang datang untuk berenang tengah malam? Tidak mungkin! Terlalu dingin.

  3. A: “Are you coming to the concert?”
    B: “No fear!”
    A: Apa kamu datang ke konser?
    B: Sama sekali tidak!

#idiom

No roots for that

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah No Roots for That. Terdiri dari kata NO, ROOTS, FOR dan THAT. Kata NO artinya adalah “tidak”, ROOTS  artinya “dasar sesuatu bertumbuh”, FOR artinya “untuk” dan THAT  artinya “itu”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka No Roots for That artinya adalah “tidak membiarkan apapun terjadi lebih dari yang semestinya”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. I will no roots for that. Today I have to give some clarification about this rumor.
    Aku tidak akan membiarkan apapun terjadi lebih dari yang semestinya. Hari ini aku harus memberi beberapa klarifiksi tentang berita miring ini.

  2. Have you heard the rumor about your sister? We should no roots for that.
    Sudahkah kamu mendengar berita miring tentang adik perempuanmu? Kita seharusnya tidak membiarkan apapun terjadi lebih dari ini.

  3. No roots for that. I have to go and tell Tom now.
    Tidak akan dibiarkan terjadi lebih dari ini. Aku harus pergi dan memberi tahu Tom sekarang.

#bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Very Old Wrecks
(Reruntuhan Sangat Tua)

People found a never-before-seen shipwreck off the coast of Bulgaria in the Black Sea. Scientists believe that one of the wrecks is a 2,400-year-old Greek trading vessel.
Orang-orang menemukan bangkai kapal yang belum pernah dilihat di lepas pantai Bulgaria di Laut Hitam. Para ilmuwan percaya bahwa salah satu bangkai kapal adalah kapal dagang Yunani berusia 2.400 tahun.

Edward Price from the Black Sea Maritime Archaeology Project said that there are ships at the bottom of the ocean that people have never seen; we have only seen them in paintings, murals and books.
Edward Price dari Proyek Arkeologi Maritim Laut Hitam mengatakan bahwa ada kapal di dasar lautan yang belum pernah dilihat orang; kami hanya melihat kapal-kapal tersebut dalam lukisan, mural, dan buku.

The oxygen-free environment means that the wrecks are extremely well preserved, and the recent findings led to their own documentary project at the British Museum.
Lingkungan yang bebas oksigen berarti bahwa bangkai kapal terawetkan dengan sangat baik dan temuan baru-baru ini mengarahkan pada proyek dokumenter mereka sendiri di Museum British.

Difficult words: vessel (a ship or large a boat), mural (a painting on the surface of a wall).
Kata-kata yang sulit: kapal (kapal atau perahu besar), mural (lukisan di permukaan dinding).

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!