FOTISMINI: Dipha Barus

Dipha Kresna Aditya Barus, produser, DJ, komposer asal Jakarta. Lulusan desain grafis ini sebelum dikenal seperti sekarang, pernah bekerja sebagai pembuat jingle iklan dan personel band Agrikulture. Sebagai debut, ia bersama Mahesa Putra merilis remix lagu Que Que dari Diplo, Dillon Francis dan Maluca Mala pada 2011. 

Nama Dipha Barus semakin dikenal lewat single “No One Can Stop Us” bersama Kalula Harsynta (dari LCD Trip dan Kimokal) pada 2016. Single ini sebenarnya sudah dibuatnya sejak 2011 namun Dipha selalu tidak puas dan selalu diubah lirik dan aransemennya. Di dalam lagunya, Dipha menambahkan bebunyian gamelan jegog, gamelan jawa, gong dan suara dari tarian khas Aceh, Saman. 

Menemukan rekan duet diantaranya melalui media sosial instagram, Nadin Amizah misalnya. Dipha tertarik bekerjasama dengan Nadin setelah akunnya, @cakecaine disebut di salah satu posting-an rekan Dipha. Nadin memang kerap mengunggah lagu cover di instagram, salah satunya lagu “One Dance” dari Drake, yang akhirnya membuat Dipha tertarik dan menghubunginya lewat DM di instagram. 

Dipha termasuk produser yang banyak diincari musisi. Ia pernah memproduseri Titi DJ, Afgan, Rinni Wulandari, Teza Sumendra, Raisa, Adrian Khalif, sampai Bams. Pada ajang Anugrah Musik Indonesia 2018, ia memenangkan kategori Karya Produksi Terbaik, Karya Rap/Hip Hop Terbaik’ dan Karya Produksi Elektronika Terbaik. 


Mendapat tawaran untuk bergabung dengan label mancanegara, UltraRecords, yang mengetahui karya Dipha dari playlist Spotify. Label tersebut sedang mengejar pasar musik di Asia, dan Dipha sepertinya perlu label untuk masuk ke pasar musik Amerika, Latin dan Eropa. Dirilislah single “You Move Me”, yang kembali menggandeng Monica Karina. Single ini menerapkan healing frequency, tentang bagaimana menyayangi diri sendiri dan agar diri sendiri tidak mengalami stress

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!