FOTISMINI: Billie Eilish

FOTISMINI: Billie Eilish

Billie Eilish Pirate Baird O’Connell, penyanyi, penulis lagu asal Los Angeles, Amerika Serikat. Pertama dikenal lewat single “Ocean Eyes”, yang diunggahnya di Soundcloud dan dibuat saat Billie berusia 13 tahun bersama saudaranya Finneas. Lagu tersebut banyak distreaming yang membuatnya mendapat kontrak label rekaman Interscope Records. Merilis album EP Don’t Smile At Me (2017) dan When We All Fall Asleep, Where Do We Go (2019). Billie, adalah artis pertama yang lahir di era milenium yang albumnya menjadi nomor satu di Billboard 200. 

Bermusik sudah menjadi hal biasa dijumpai di keluarga Billie. Ibunya mengajarkan ke Billie menulis lagu dengan diiringi gitar dan piano sejak kecil. Billie menulis lagu pertama dengan ukulele di usia 4 tahun. Ia mengikuti paduan suara bergengsi di Los Angeles Children’s Chorus di usia 8 tahun. Seiring bertambahnya usia, Billie jadi lebih sering dan lebih nyaman menulis, memproduseri lagu bersama Finneas. 

Album When We All Fall Asleep, Where Do We Go, dirilis pada 29 Maret 2019, diproduseri saudaranya, Finneas. Billie sengaja mengerjakan proses rekaman di rumah dibandingkan di studio rekaman, karena lebih intim dan lebih murah. Mendapat pujian positif dari kritikus, dari subjek lagu, lirik dan vokal Billie. Albumnya di-streaming lebih dari 2 miliyar kali di layanan streaming. 14 lagunya masuk tangga lagu Billboard Hot 100, terbanyak dibandingkan artis wanita manapun.

Billie menjadi solois wanita ketiga setelah Alanis Morisette dan Sinead O’Connor, yang dua singlenya menjadi nomor satu di Billboard Alternative Song, lewat single “bury a friend” dan “bad guy”. Single “bad guy”, sukses komersil, meraih nomor satu di tangga lagu Australia, Kanada, Estonia, Finlandia, Yunani, Islandia, Selandia Baru, Norwegia. Pada 11 Juli 2019, Justin Bieber merilis versi remix single “bad guy”. 

Di usia 17 tahun, Billie berkesempatan tampil di Festival Coachella pada April 2019. Festival tersebut juga dihadiri oleh Dave Grohl, Eddie Vedder, Billie Joe Armstrong dan Thom Yorke yang membawa anak-anaknya menonton penampilan Billie dan juga menyapanya di belakang panggung. 

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!