BEM FISIP UNTAN Gelar Sosialisasi Bertajuk FISIP Goes to School

Badan Eksekutif Mahasiswa, Bidang Menteri Sosial Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura, menggelar kegiatan sosialisasi dan motivasi bertajuk FISIP Goes To School yang diadakan di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang dan Madrasah Al Ikhlas Desa Mega Timur (31/08/2019).

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) yang turut mensosialisasikan cara menggunakan sosial media yang arif dan juga bijak, dan Himpunan Mahasiswa Sosiologi yang mensosialisaikan cara menangkal radikalisme ala kaum milenial.

“Kegiatan ini merupakan realisasi dari poin ketiga tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pada tahap awal BEM Fisip Untan melaksanakannya dengan berkunjung ke sekolah-sekolah yang dekat dengan kota Pontianak”, tutur Ketua BEM Fisip Untan, Panji Kurnia Aji.

Tema yang diangkat oleh BEM Fisip Untan yakni ‘Peningkatan Mutu Dan Kecerdasan Masyarakat di Pedesaan’. Panji menambahkan, ia berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa jadi lebih tahu permasalahan sosial masyarakat yang ada di perdesaan.

“Karena FISIP kan notabenenya bukan hanya kampus politik, tetapi juga kampus sosial” ucapnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Douglas Gultom, sosialisasi tentang radikalisme dan penggunaan media sosial yang dilakukan BEM Fisip Untan sangat penting dilakukan, terutama untuk generasi milenial, karena generasi inilah yang saat ini menjadi pengguna paling besar dari sosial media.

“Penggunaan sosial media yang berlebihan, bisa berefek buruk, jika tidak digunakan dengan arif dan bijak” tuturnya.

Pendapat yang sama disampaikan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Sosiologi, Angger. “Dengan adanya kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa sosiologi bisa menyampaikan ilmu yang didapat di ruangan ke masyarakat” ucapnya.

Siswa Madrasah Al-Ikhlas, Anggi mengatakan dengan adanya sosialisasi ini ia mendapat banyak pengetahuan baru tentang cara penggunaan media dengan bijak, dan ia juga merasa terhibur dengan gaya penyampaian materi dari BEM Fisip Untan. 

Kepala Sekolah Madrasah Al-Ikhlas, Tohar Purwanto, mengucapkan terima kasih untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh BEM Fisip Untan. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, dan positif sekali, dan perlu dilakukan rutin khususnya kepada siswa/i yang ada di kota Pontianak. Saya sebagai Kepala Sekolah siap mendukung dan memfasilitasi teman-teman mahasiswa”, tutupnya.

 

Jurnalis : Hafidh Ravy Pramanda