#1 Hari Ini, 1999: Smooth

Lagu nomor satu hari ini pada 1999 di tangga lagu Billboard Hot 100 adalah Smooth, yang dibawakan Santana dan menghadirkan Rob Thomas sebagai featured artist.

 

Smooth ditulis oleh Rob Thomas dan Itaal Shur dan diproduseri Matt Serletic. Smooth dirilis dari album Supernatural milik Santana, memenangkan 3 Grammy Award, kategori Record of the Year, Song of the Year, dan Best Pop Collaboration with Vocal. Lagu ini menjadi lagu nomor satu terakhir di tahun 1999 pada Billboard Hot 100, juga menjadi lagu nomor 2 pada “Hot 100 Hit of the 20th Century”. Sampai 2018, lagu ini adalah lagu tersukses kedua sepanjang masa dalam sejarah Billboard.

Smooth awalnya berjudul Room 17 yang ditulis Itaal Shur. Kemudian diberikannya ke Rob Thomas, yang menulis ulang lirik, memberi melodi, dan diberi judul Smooth. Lagu tersebut direkam sebagai demo dan diputar untuk Santana. Setelah mendengarnya, Santana memutuskan mengajak Rob Thomas mengisi vokal untuk rekaman akhir.

Rob Thomas menyebutkan bahwa Smooth ditulis untuk isterinya, Marisol Maldonado. Dalam sebuah wawancara, lirik “My Spanish Harlem Mona Lisa”, terinspirasi dari lagu Elton John – Mona Lisas and Mad Hatters, yang rilis pada 1972, dan lagu Spanish Halem yang dibawakan Ben E. King rilis pada 1961.