#1 Hari Ini, 1997: Candle in The Wind

Lagu nomor satu hari ini pada 1997 di tangga lagu Inggris adalah “Candle in the Wind 1997” dari Bernie Taupin dan Elton John.

Lagu yang diproduseri oleh Sir George Martin ini dirilis pada 13 September 1997 sebagai single tribute untuk mendiang Diana, Princess of Wales.  Keuntungan single tersebut disalurkan ke program amal Diana. Pada banyak negara, single ini dirilis sebagai “double A-side” dengan single “Something About the Way You Look Tonight”.

Menurut Guinness Book of Records, “Candle in the Wind 1997” menjadi single kedua terlaris sepanjang masa, setelah “White Christmas” dari Bing Crosby yang rilis pada 1942.

“Candle in the Wind 1997” menjadi lagu nomor satu di tangga lagu Inggris, single keempat Elton yang menjadi nomor satu di Inggris, dan single terlaris dalam sejarah tangga lagu Inggris. Pada Oktober 1997, lagu ini menjadi single kesembilan Elton yang meraih posisi pertama pada tangga lagu Billboard, sekaligus pertama yang meraih sertifikat Diamond di Amerika Serikat.

Elton berhasil memenangkan Grammy Award pada 1998 untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance. Pada BRIT Awards, dinominasikan untuk kategori Best British Single.

Tahukah Bujang Dare, lirik awal “Candle in the Wind” yang juga ditulis Taupin, sebagai tribute untuk Marilyn Monroe dirilis pada 1973. Bagian awalnya berbunyi,

“Goodbye Norma Jean, though I never knew you at all” diadaptasi menjadi “Goodbye England’s rose, may you ever grow in our hearts”.