#1 Hari Ini, 2008: American Boy

#1 Hari Ini, 2008: American Boy

Lagu nomor satu hari ini di tangga lagu Inggris pada 2008 adalah American Boy dari penyanyi dan rapper asal Inggris, Estelle, dari album keduanya Shine (2008). Lagu ini juga menghadirkan Kanye West sebagai featured artist.

Lagu ini ditulis Estelle, will.i.am, John Legend, Josh Lopez, Caleb Speir dan Keith Harris. Diproduseri will.i.am yang juga memproduseri single sebelumnya, Wait a Minute (Just a Touch), dengan menggunakan beat dari lagu Impatient dari album ketiganya Songs About Girls (2007).

Lagu ini ditulis setelah menurut John Legend, mentor Estelle saat itu menyarankannya menulis lagu tentang pertemuan dengan pria Amerika.

Menerima pujian positif dari kritikus musik yang mengapresiasi sound yang fresh dan produksinya. Lagu ini sukses menjadi Top 5 di banyak negara di Eropa dan pasar Oceania, nomor satu di Inggris dan Belgia, juga nomor sembilan di Billboard Hot 100. Lagu ini memenangkan Grammy Awards kategori Best Rap/Sung Collaboration, dan dinominasikan di banyak penghargaan musik lainnya.