#1 Hari Ini, 2005: Dakota

#1 Hari Ini, 2005: Dakota

Lagu nomor satu hari ini di tangga lagu Inggris pada 2005 adalah “Dakota” oleh band asal Welsh, Stereophonics. Ini adalah single pertama dari album kelima, Language. Sex. Violence.Other?, yang dirilis pada 28 Februari 2005.

“Dakota” menjadi single pertama Stereophonics yang meraih posisi pertama tangga lagu Inggris atau di tangga lagu US Modern Rock Track. Total selama 44 pekan di tangga lagu Inggris, menjadi single Stereophonics terlama di tangga lagu tersebut.

Vokalis, gitaris, Kelly Jones mulai menulis musik untuk “Dakota” sejak Januari 2004. Saat itu ia sedang di sebuah hotel di Paris, pada tur Stereophonics, You Gotta Go There To Come Back, dan memang sedang mencari arah musik yang berbeda. Sebulan kemudian, saat Stereophonics tur ke Amerika Serikat, Kelly menulis lirik dengan judul Vermillion.

Band seperti Slipknot merilis single dengan judul “Vermillion”, dan band Mercury Rev merilis album berjudul “Vermillion”, Stereophonics pun mengganti judul lagu menjadi Dakota. Nama Dakota diambil dari gedung apartemen di New York.

Tahukah kamu, pada lirik yang berbunyi, “Take a look at me now”, pertama digunakan dengan melodi yang sama pada single awal mereka, “Since I Told You It’s Over”.