#1 Hari Ini, 1999: Livin’ la Vida Loca

#1 Hari Ini, 1999: Livin’ la Vida Loca


Lagu nomor satu hari ini di tangga lagu UK pada 1999 adalah “Livin’ la Vida Loca” (Inggris: Livin’ A Crazy Life) dari Ricky Martin. Terjual lebih dari 8 juta copy, “Livin’ la Vida Loca” menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa.

“La Vida Loca” adalah bahasa Spanyol untuk “the crazy life”, namun bagian lainnya dari lagu ini ditulisan dalam bahasa Inggris. “Livin’ la Vida Loca” menjadi rilisan andalan album bahasa Inggris perdananya, Ricky Martin (1999). Komposer lagu ini adalah Desmond Child dan Draco Rosa, lirik bahasa Spanyol ditulis Luis Gómez-Escolar.

Kemunculan “Livin’ la Vida Loca” menjadi dimulainya era popularitas lagu pop Latin di dunia musik dan diikuti artis lainnya yang fasih berbicara Spanyol, seperti dilakukan Enrique Iglesias dan Marc Anthony, kemudian disusul Shakira dan Paulina Rubio. Sebelumnya,  kebanyakan penduduk Amerika Serikat non Latin tidak pernah mendengar nama Ricky Martin, sampai ketika CNN  mewartakan penampilan “La Copa de la Vida” di Grammy Awards 41. Inilah yang menjadi momen pop Latin tampil di arena musik utama Amerika Serikat.

“Livin’ la Vida Loca” dinominasikan untuk banyak kategori pada Grammy Awards, membuat Ricky Martin sebagai penyanyi Latin sukses di Amerika Serikat dan di dunia masa itu.