#1 Hari Ini, 1999: Believe


Lagu nomor satu hari ini di tangga lagu Billboard Hot 100 pada 1999 adalah “Believe” dari Cher. Single pertama dari album keduapuluh duanya, Believe (1998). “Believe” ditulis Cher bersama Brian Higgins, Stuart McLennen, Paul Barry Steven Torch, Matthew Gray dan Timothy Powell dan diproduseri oleh Mark Taylor dan Brian Rawling.  

Lagu “Believe” menandai perubahan musik Cher dari sebelumnya pop rock ke dance-pop. “Believe” juga menjadi pionir penggunaan perangkat lunak prosesor audio auto-tune sebagai efek vokal yang kemudian dikenal dengan “Cher Effect”.  

Lirik “Believe”  menceritakan tentang kembali stabil dan kuatnya seseorang setelah perpisahan yang menyakitkan. Lagu ini sukses dan diterima baik di tengah maraknya musik pop yang dinyanyikan artis usia yang remaja-muda saat itu dan meraih nomor satu di Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, UK, Spanyol, Prancis, Jerman dan Italia. 

Berkat lagu ini, Cher tercatat di dalam Guinness Book of World Record sebagai artis solo tertua yang meraih posisi teratas di Billboard Hot 100. Tak hanya itu, “Believe” saat itu menjadi single terlaris di UK dan dunia. Dinominasikan di Grammy Award kategori Record of the Year dan memenangkan kategori Best Dance Recording.