Browse By

BIOSKOP – Winchester

Tren film horor semakin meningkat seiring standarnya yang semakin hari semakin tinggi. Beberapa tahun terakhir, penggemar horor dimanjakan dengan kehadiran film-film horor berkualitas seperti Get Out (2017), The Conjuring (2016), Split (2016), hingga Pengabdi Setan (2017). Kehadiran film-film tersebut tentu bikin banyak orang berharap film-film horor selanjutnya akan mengikuti langkah yang sama. Sayangnya, Winchesterenggak berada di gerbong yang sama dengan film-film yang disebutkan tadi.

Winchester menjadi karya terbaru dari sutradara kembar identik asal Australia, Michael dan Peter Spierig, yang sebelumnya menggarap Jigsaw (2017). Film ini terinspirasi dari kisah nyata tentang rumah berhantu Winchester yang populer di Amerika Serikat. Kisahnya berfokus pada Sarah Winchester (Helen Mirren), janda yang mendapat warisan berupa perusahaan senapan terkenal yang bernilai 20 juta dolar dari suaminya yang meninggal secara tiba-tiba. Pada awalnya, poster Winchester sangat menarik perhatian. Mirren menjadi sosok sentral dengan dandanan serbagelap dan menggunakan kerudung ala hantu nenek tua dari film Insidious pertama (2010) atau hantu dari Woman in Black (2012). Dijamin, deh, pasti banyak yang excited abis karena mengira aktris legendaris ini bakal membuka horizon baru dengan berperan sebagai hantu. Sayangnya, harapan lo dan penggemar horor lainnya jadi sebatas harapan aja karena Mirren enggak menjadi hantu, melainkan protagonis dalam film ini.

Winchester berhasil mengagetkan para penonton dengan jump scare dan atmosfir rumah yang mencekam. Sejak awal kita sudah dikejutkan beberapa penampakan hantu, namun kita sedikit bingung karena asal-usul hantu tidak dijelaskan di awal.

Sebenarnya kisah rumah paling berhantu di San Jose, California ini cukup menarik. Sayangnya pengemasannya kurang begitu maksimal. Akting Helen Mirren terasa sia-sia, akan tetapi The Spierig Brothers berhasil memberikan visual efek yang menakutkan.

Selain menggambarkan kisah Sarah, sang sutradara pun menyelipkan kisah psikiater Eric Price yang diperankan oleh Jason Clarke. Eric pun menjadi salah satu karakter kuncian akan misteri-misteri dalam rumah Winchester. Film berdurasi 99 menit ini bisa menjadi pilihan bagi kamu pecinta film horor adaptasi kisah nyata.